Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP

Reset merupakan salah satu cara memperbaiki kerusakkan software pada ponsel seperti memperbaiki error program, juga dapat digunakan untuk mengatasi ponsel yang terkunci akibat dari lupa Pola, PIN, Password dan lain-lain.
Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP
Factory Reset Protection
Namun tidak jarang juga setelah mereset ponsel justru menimbulkan masalah baru, pengguna atau pemilik ponsel wajib mengaktifkan perangkatnya tersebut menggunakan akun google yang pernah disingkronkan dengan perangkat. Akun google yang pernah disingkronkan ini adalah akun google yang digunakan untuk mengaktifkan Play Store.

Inilah salah satu fitur yang diperbarui oleh google pada sistem operasi Android untuk meningkatkan keamanan ponsel. Fitur ini di sebut Factory Reset Protection atau yang sering di sebut dengan singkatan FRP

Reset perangkat artinya menghapus semua pengaturan yang pernah diterapkan baik pengaturan konfigurasi perangkat maupun pengaturan aplikasi sehingga setelah melakukan reset, perangkat akan kembali seperti saat baru dibeli.

Sama seperti ponsel yang baru dibeli, setelah reset ponsel wajib mengatur konfigurasi awal, disinilah problem setelah reset muncul, di tengah proses pengaturan konfigurasi awal ponsel, pengguna diwajibkan mengaktifkan perangkat tersebut menggunakan akun google yang pernah disingkronkan.

Hal semacam ini terjadi khusus pada sistem operasi Android versi 5 ke atas atau Android lollipop ke atas, sedangkan Android kitkat ke bawah hal seperti ini tidak akan terjadi sehinnga ponsel bisa langsung direset.

Dikarenakan banyak pengguna ponsel Android dengan sistem operasi Android lollipop ke atas yang kebingungan setelah mereka mereset perangkannya diwajibkan login kembali dengan akun google yang mereka gunakan pada perangkat tersebut maka, belajarhp.com merasa perlu membuat artikel ini agar para pengguna dapat terhindar dari FRP (Factory Reset Protection).

Pada artikel ini belajarhp.com menggunakan ponsel Asus Zenfone Laser sebagai sampel dan cara ini berlaku untuk semua ponsel Android merek apapun. 

Untuk terhindar dari FRP (Factory Reset Protection) adalah mengahapus akun google aktif pada ponsel. Untuk lebih jelasnya berikut Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP
  • Buka Pengaturan > Akun > Google > Akun terakhir disinkronkan.
  • Sentuh Opsi untuk melihat opsi dan pilih Hapus akun.
  • Kembali ke Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang
  • Nonaktifkan Mencadangkan dataku kemudian sentuh Kembalikan ke setelan pabrik
  • Pilih Atur ulang perangkat, masukkan nomor yang tertera dan Hapus semua.
Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP
Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP

Dengan melakukan hal ini maka FRP (Factory Reset Protection) telah dinonaktifkan dan tidak akan login terlebih dahulu untuk mengaktifkan perangkat yang telah direset.

Demikian Cara Reset Ponsel Android Agar Terhindar Dari FRP. Semoga bermanfaat

9 komentar

lah kirain yg lupa pola bisa juga terhindar dari frp

bagaimana jika sudah terlanjur direset tp lupa akun yang disinkronkan.

bagaimana jika sudah terlanjur direset tp lupa akun yang disinkronkan.

Kalau terlanjur direset, harus di bypass gan, teknik bypass nya bermacam-macam tergantung ponsel dan User interface apa yang digunakan.

Baca postingan saya cara bypas akun google huawei gan

Kalo hp leagoo m5 gimana gan,aku udah terlanjur ,terus lupa akun yang ada di hp

Kalo hp leagoo m5 gimana gan,aku udah terlanjur ,terus lupa akun yang ada di hp

Kalau sudah terlanjur, terpaksa harus di bypass gan. Tp maaf, sy belum pernah hadapi FRP lock untuk ponsel leagoo

Berkomentarlah dengan sopan dan santun sesuai topik yang kami sajikan
EmoticonEmoticon