Fitur Stories Snapchat Kini Hadir Di Youtube

Youtube mengumumkan fitur baru, Reels. Fitur ini mirip dengan fitur Stories yang ada pada Instagram dan Snapchat. Fitur ini sengaja dibuat bagi para kreator video.

Berbeda dengan format stories pada umumnya, video Reels yang berdurasi 30 detik berada pada kolom khusus pada laman akun pengguna sehingga pengguna Youtube dapat memilih untuk menonton video Reels atau tidak.
Fitur Stories Snapchat Kini Hadir Di Youtube

Jika pengguna sering mengakses Reels, Youtube akan menampilkan rekomendasi video Reels langsung pada beranda pengguna.

Video Reels tetap dapat diakses 24 jam setelah diupload dan disisipkan tautan video lain yang berdurasi lebih lama. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menambahkan musik, filter, gambar hingga sticker.

Perusahaan media sosial milik Google ini melalui blognya menyatakan Reels dibuat agar para kreator video bisa semakin dekat dengan penggemarnya tanpa harus mengunggah video dengan durasi panjang.

"Kami selalu ingin memudahkan kreator Youtube untuk mengekspresikan diri mereka sekaligus berinteraksi dengan penggemarnya," jelas Roy Livne selaku senior manajer produk Youtube seperti dikutip TechCrunch saat mengumumkan fitur baru ini pekan lalu (29/11).

Pada tahun lalu Youtube merilis Community yang memungkinkan kreator membuat berbagai fitur, seperti GIF, pemungutan suara, teks, foto dan sebagainya. Penonton juga bisa berinteraksi karena dapat memberi like serta komentar pada video Community.

Penonton kreator Youtube yang aktif pun sekarang bisa melihat video Community idolanya tanpa perlu berlangganan akun. Notifikasi video Community baru tidak akan mengganggu penonton.

Meski Youtube belum mengumumkan kapan Reels versi beta akan dirilis, fitur in akani membuat Youtube sejajar dengan media sosial lain yang lebih dulu mengeluarkan fitur serupa, seperti Whatsapp, Skype, Facebook, Instagram dan Snapchat

Berkomentarlah dengan sopan dan santun sesuai topik yang kami sajikan
EmoticonEmoticon