Apa Sih Bedanya Layar AMOLED Dan LCD?

Apa Sih Bedanya Layar AMOLED Dan LCD?
Layar adalah bagian sangat krusial dari suatu smartphone. Tanpa eksistensi komponen ini barangkali smartphone bakal berubah faedah nya menjadi ganjalan pintu atau bahkan talenan untuk memotong atau mengiris daging. Perannya yang begitu urgent menjadi alasan mengapa produsen smartphone kian gencar membuat teknologi teknologi menarik supaya kualitas tampilan layar menjadi lebih keren.

Sampai saat ini tidak sedikit varian layar yang digunakan di smartphone. Namun ada dua jenis layar yang lumayan populer dan sering digunakan ialah AMOLED dan LCD. Dua jenis layar ini mempunyai perbedaan yang lumayan terasa. Namun yang pasti dua-duanya sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan.

AMOLED

AMOLED vs LCD
AMOLED, layar buatan samsung ini telah dipakai oleh berbagai merek smartphone. Begitu pula dengan LCD yang lebih dahulu ada, masih dipakai oleh sejumlah brand smartphone sampai saat ini.

Lantas apa perbedaan dua jenis layar ini dan apakah AMOLED lebih baik dari LCD atau justru sebaliknya?


AMOLED atau sikatan dari (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) iyalah bentuk modifikasi dari layar berjenis OLED. Layar ini diciptakan dari bahan polimer super tipis yang menyala saat dialiri arus listrik. Samsung, adalah pembuat AMOLED memberikan sentuhan sentuhan eksklusif guna menambah kualitas selayar. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh layar jenis AMOLED ini.

Layar AMOLED mempunyai tingkat kecerahan atau brightness yang tinggi sampai sampai warna hitam bakal terlihat paling hitam sedangkan warna RGB bakal menyala paling terang. Teknologi ini faktanya dapat menghemat daya sampai 40%. Luar biasanya lagi, layar jenis AMOLED ipin masih tampak jelas meski dipakai di bawah terik matahari atau penyiaran yang paling terang.

Ukurannya yang sangat tipis dan sifatnya yang luas juga memungkinkan produsen teknologi memasang layar ini di sejumlah perangkat seperti TV Plasma dengan aku quran hingga 150 inci serta di perlengkapan berukuran kecil seperti smartphone.

Dibalik keunggulannya pasti ada suatu kekurangan. Proses penciptaan layar AMOLED tidaklah mudah, bahkan tergolong susah dan rumit. Oleh karena itu, di awal kemunculannya bahkan sampai saat ini layar jenis AMOLED dipasarkan dengan harga yg yang relatif lebih mahal.

Itulah sebabnya tidak sedikit produsen smartphone yang tidak memakai jenis layar AMOLED. Disamping harganya yang mahal, samsung pun membatasi pemakaian layar buatannya tersebut supaya tetap eksklusif.

LCD

AMOLED vs LCD
Layar jenis LCD barangkali sudah tidak asing di telinga anda, karena beberapa perlengkapan yang mempunyai layar pasti memakai layar jenis LCD ini. LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display disusun dari cairan crystal. Layar LCD lebih tebal daripada layar amoled, hal ini disebabkan LCD menggunakan lampu latar.

Warna yang didapatkan memang tidak terlalu "gonjreng"dan kontraknya juga tidak terlalu tinggi. Namun dibalik kekurangannya tersebut tampilan yang disuguhkan lebih natural.

Hasil modifikasi dari layar ini yang banyak dipakai pada smartphone ialah LPS (In-Plane Switching). Pada dasarnya, IPS mempunyai sudut pandang yang lebih luas dibandingkan layar LCD pada umumnya.

Berkomentarlah dengan sopan dan santun sesuai topik yang kami sajikan
EmoticonEmoticon