Nokia "Bangkit" Dengan Sistem Operasi Android

Nokia "Bangkit" Dengan Sistem Operasi Android
Tahun 2017 menjadi tahun kebangkitan brand Nokia di panggung dunia ponsel pintar. Selama satu tahun kemarin, performa perusahaan Finlandia yang sekarang bernaung di bawah HMD Global, perusahaan induk asal China, diklaim lumayan sukses.

Pada kuartal keempat 2017, ponsel cerdas Android besutan Nokia tercatat sudah memasarkan 4,1 juta unit di seluruh dunia. Selama setahun, Nokia HMD sudah memasarkan 8,45 juta unit di seluruh dunia.

"Ponsel cerdas Nokia diterima dengan baik di pasar sampai-sampai tumbuh cepat di kuartal-kuartal terakhir," tulis Counterpoint Research seperti dilansir dari laman Nokiamob, Jumat (2/2).

Nokia memang tercatat telah meraup satu persen pangsa pasar global. Akan tetapi, prestasi ini belum mampu mendongkrak posisi mereka masuk ke dalam jajaran 10 besar produsen ponsel cerdas dunia.

Dengan pencapaian tersebut, Nokia mengungguli penjualan dari vendor Sony di periode Q4. Kendati demikian, kesuksesan Nokia ini tak bertahan lama sebab sebagian besar didukung oleh hal sentimen nostalgia.

Pada awal 2017, Nokia memasok 100.000 unit pada Q1. Secara bertahap pasokannya ke pasar terus bertambah tiap kuartal, 1,4 juta unit di Q2, 2,8 juta unit di Q3, dan 4,15 juta unit di Q4.

Baca juga: Kalahkan Intel, Samsung Produsen Chip Terbesar Di Dunia

Bila dibandingkan, performa tahun pertama Nokia dengan HMD lumayan sukses. Mereka mampu mengungguli penjualan iPhone pertama yang dipasarkan pada 2007 silam. Namun penjualan Nokia HMD di tahun debutnya belum mampu melamapaui pencapaian Nokia Lumia, yang dulu menggunakan sistem operasi Windows Phone.

Nokia sendiri tampak bertekad memperluas produk mereka. Mereka dijadwalkan mengenalkan Nokia 9 di ajang tahunan Mobile World Congress (MWC). Di samping itu, mereka pun dikabarkan sedang menciptakan sebuah model yang punya kamera dengan lima lensa sekaligus.

Lahirkan Kembali 8800 Sirocco


HMD Global tengah sibuk mempersiapkan kebangkitan brand lama Nokia. Kali ini lini ponsel premium Sirocco yang bakal "dilahirkan kembali" tahun ini.

Sempat beredar kabar, nomor model TA-1005 akan dipakai untuk brand dagang Nokia 8.

Model Sirocco bertolak belakang dari 8800 biasa, ponsel ini selama satu dasawarsa lalu dibungkus dengan kaca safir, panel baja yang disusun dan kotak kulit yang tergolong dalam kotak dan menjadi model Nokia yang sangat mahal ketika itu.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Layar AMOLED Dan LCD?

Kabar yang beredar, evolusi utama pada ponsel lawas ini ialah layar OLED yang bersumber dari LG. Sementara pada sektor kamera bakal dibekali lensa kamera selfie ganda Zeiss bersertifikat 12 megapiksel dan 13-megapiksel dibagian belakang, serta kamera selfie 5 megapiksel dibagian depan.

Seperti yang dikutip dari GSM Arena, informasinya ponsel lawas rasa baru ini akan diluncurkan dalam gelaran MWC 2018 di Barcelona akhir bulan ini

Berkomentarlah dengan sopan dan santun sesuai topik yang kami sajikan
EmoticonEmoticon